5 Contoh Digital Marketing Untuk UMKM Paling Efektif 2024

Contoh digital marketing untuk UMKM

Peranan Digital Marketing untuk UMKM saat ini semakin dibutuhkan, mengingat ada strategi ini sangat menguntungkan bagi kegiatan promosi.

Dari berbagai strategi digital marketing, ada beberapa yang bisa kamu terapkan dalam kegiatan promosi bisnis yang akan memberikan keuntungan.

Apa saja?

Berikut adalah Contoh digital marketing untuk UMKM yang paling tepat digunakan untuk meningkatkan penjualan produk/jasa di tahun 2024 ini.

Contoh Digital Marketing Untuk UMKM

contoh strategi digital marketing umkm
image source: canva/triosaputra.id

Saat ini kegitan promosi bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan efisien. Berkat perkembangan yang ada, pelaku usaha bisa menerapkan berbagai strategi dalam penjualan, salah satunya adalah digital marketing.

Digital marketing sendiri adalah proses promosi atau pemasaran brand/produk dan jasa menggunakan media digital.

Salah satu media digital yang sering digunakan dalam kegiatan digital marketing adalah Facebook dan Instagram.

Lalu apa saja sih Contoh digital marketing untuk UMKM yang tepat, murah dan efisien yang bisa digunakan?

Berikut kami lampirkan beberapa contoh strategi digital marketing yang cocok untuk pelaku usaha UMKM di tahun 2024 ini.

1. Iklan Media Sosial

Contoh kegiatan digital marketing untuk UMKM yang pertama adalah iklan media sosial atau sering juga disebut dengan sosial media ads.

Kenapa iklan sosial media bisa menjadi strategi digital marketing yang tepat untuk UMKM?

  1. memiliki pengguna yang banyak
  2. jangkauan audiens yang sangat luas
  3. memiliki spesifik target
  4. biaya iklan yang murah
  5. bisa menargetkan calon pembeli sesuai dengan kriteria produk UMKM

Contoh iklan sosial media yang bisa digunakan untuk promosi produk/brand UMKM adalah Facebook ads, Instagram Ads, Tiktok ads, Linkedin ads, Pinterest ads dan twitter (X).

2. Memanfaatkan Website

Dalam dunia pemasaran moderen, website adalah salah satu media digital yang menjadi pilar sebagai media promosi dan pemasaran.

Dengan adanya website, kamu pun bisa menerapkan strategi digital marketing UMKM dengan sangat efektif.

Salah satu contohnya adalah memanfaatkan website sebagai katalog online produk, sebagai media branding dan awareness.

3. Content Marketing Sosial Media

Siapa sih yang tidak suka main sosmed sekarang? Berdasarkan data dari RRI.co.id, jumlah pengguna sosial media di Indonesia ditahun 2024 ini adalah 191 juta pengguna atau sebanyak 73,7% dari jumlah populasi.[1]

Dari jumlah pengguna yang besar, maka sosial media adalah platform yang sangat potensial jika di manfaatkan untuk kegiatan promosi (digital marketing).

Salah satu Contoh digital marketing untuk UMKM yang bisa kamu gunakan adalah dengan membuat konten di sosial media.

4. Search Engine Optimization (SEO)

Bagi pemain lama dalam pemasaran Internet, istilah SEO pastinya sudah tidak asing lagi. Teknik pengotimalan hasil di mesin pencari ini memang sangat populer dalam kegiatan digital marketing.

Dengan SEO, kamu bisa mengoptimalkan produk/brand di mesin pencari agar lebih mudah di temukan pelanggan yang sedang mencari rekomendasi produk dengan kata kunci terterntu.

Salah satu contoh Contoh digital marketing untuk UMKM dengan SEO adalah menargetkan kata kunci agar masuk ke halama utama google.

Selain itu, kamu bisa menggunakan teknik Local SEO untuk optimasi agar produk kamu menjadi yang pertama di hasil penelusuran lokal.

5. Kerjasama Dengan Influencer (Endorsment)

Contoh digital marketing untuk UMKM yang terakhir bisa kamu gunakan adalah endorsment dalam istilah populernya adalah KOL Marketing.

Kerjasama dengan influencer adalah solusi yang tepat jika kamu ingin brand/produk kamu bisa sampai ke target yang tepat.

Endors bisa menjadi opsi untuk kamu yang ingin mengenalkan brand lebih luas kepada audiens dari si influencer.

Mau Mulai Digital Marketing Untuk UMKM, Gimana Sih Tipsnya?

jasa-digital-marsketing-triosaputra.id
image source: canva/triosaputra.id

Meskipun saat ini digital marketing bisa menjadi senjata pemasaran yang tepat, namun tidak sedikit yang bingun mau memulainya dari mana??

Tidak bisa dipungkiri, terdengar mudah namun kegiatan digital marketing sendiri juga perlu memahami betul bagaimana penerapan teknik yang tepatnya.

Terutama bagi pelaku usaha UMKM yang ingin memanfaatkan platform digital sebagai media promosi dan pemasaran produk.

Jika kamu mengalami hal itu, berikut triosaputra.id akan memberikan tips jika kamu pemula banget dan ingin digital marketing untuk UMKM kamu.

1. Riset Pasar

Tips yang utama bagi pemula dalam digital marketing UMKM adalah riset pasar, ini kegiatan wajib yang perlu kamu ketahui.

kenapa?

Karena nantinya kamu harus tahu kemana produk kamu akan dijual, siapa saja kompetitor kamu dan bagaimana kompetitor memanfaatkan platform yang sama.

Maka dari itu, kamu wajib untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memastikan untuk memanfaatkan digital marketing

2. Belajar Copywriting

Berikutnya adalah wajib belajar copywriting, apakah penting dalam dunia digital marketing? Iya sangat penting.

Kenapa?

Karena nantinya kamu akan membuat konten di berbagai platform digital marketing, maka dari itu kamu wajib mempelajarinya.

Dengan adanya copywriting, maka ketika konten kamu terpublish orang atau audiens bisa tertarik karena caption atau pun konten yang kamu publikasikan.

Copywriting itu sendiri adalah materi marketing berupa tulisan yang memuat teks penjualan agar audien/orang bisa tertarik untuk menggunakannya. Biasanya copywriting lebih ke teknik softselling.

3. Wajib Tahu Platform Media Digital

Seperti yang tadi saya jelaskan, dalam kegiatan digital marketing terdapat beberapa platform digital yang bisa digunakan.

Dari beberapa platform, sebagai pemula kamu bisa memilih salah satunya, lalu pelajari mekanismenya dengan SEO.

Rekomendasi bagi pelaku usaha UMKM pemula yang ingin memanfaatkan media digital adalah sosial media seperti Facebook, Instagram dan Tiktok.

4. Belajar Menggunakan Tools Digital Marketing

Tahukan kamu selain platform media digital, dalam kegiatan digital marketing juga perlu menggunakan tools lho?

Tools ini biasanya sebagai media untuk mengumpulkan data, sebagai media optimasi dan evaluasi dari kegiatan digital marketing.

Jika kamu pemula, kamu bisa belajar menggunakan tools digital marketing seperti Google Analytics, Google Data Studio, Meta Business Suite dan Ads Manager.

Anti Ribet, Pakai Jasa Digital Marketing UMKM Saja!

jasa seo umkm

Biar kamu ga perlu pusing dengan urusan digital marketing, kamu bisa menggunakan jasa digital marketing UMKM saja!

Saat ini ada banyak agency digital yang menyediakan jasa digital marketing, Triosaputra.id adalah salah satu penyedia jasa digital marketing khusus UMKM, terutama di Bengkulu sebagai konsultan yang bisa meetup secara langsung.

Kami (triosaputra.id) adalah penyedia jasa digital marketing yang lengkap dengan beberapa layanan unggulan khusus UMKM. Maka dari itu, dari segi harga juga merupakan yang paling murah di Indonesia.

Karena kami akan mendedikasikan diri untuk pelaku usaha kecil UMKM di Indonesia, adapun layanan digital marketing yang bisa kami kerjakan adalah;

  1. Facebook Ads (strategi purchase) meningkatkan penjualan dengan CPR minimal dan tertarget.
  2. Instagram Ads (awareness ads) meningkatkan brand awareness produk/brand di platform Instagram.
  3. Konten marketing (blogpost) menyediakan konten artikel berkualitas sesuai dengan standar SEO content.
  4. Pembuatan Website (web development) membuat website untuk berbagai keperluan, mulai dari katalog, landing page, hingga toko online dan website berita.
  5. Search Engine Optimization (jasa SEO) mengoptimalkan website agar bisa muncul di halaman pertama google, terutama pada pencaria local keyword dan buying keyword.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa Contoh digital marketing untuk UMKM yang bisa kamu terapkan dalam kegiatan promosi dan pemasaran produk di ranah Internet dan digitalisasi saat ini.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform gratis untuk memulai kegiatan penjualan secara online dan brand awareness produk yang semakin kuat.

Dengan jutaan audiens, kamu bisa memposisikan produk./brand ke tangan calon konsumen yang relevan dan tertarik ke produk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *